Selamat Datang

Bismillaahirrahmaanirraahiiim

SELAMAT DATANG DI NANGO NANGO

^_^ Semoga Bermanfaat ^_^

Selasa, 15 Januari 2013

KARYAKU: MEMBUAT TEMPAT TISU



Bismillaahirrahmaanirrahiiim

Karya pertama dariku yang diulas dalam blog ini di tahun 2013 adalah cara membuat tempat tisu ala Ipaaah…. *\^_^/*

Ini adalah cara aku membuat tempat tisu dari barang-barang yang diperoleh di kamar kos ;) dan tempat tisu ini berhasil nongkrong dan berfungsi dengan baik di kamarku sampai sekarang :D

Baiklah, kita bahas ya langkah-langkah membuatnya:
1.   Siapkan alat dan bahan
Tisu, gunting, lakban, isolasi bening, kertas kado, plastik, dan jangan lupa kotak. Kotak yang dipakai jangan terlalu tebal, mirip-mirip karton lah… tapi, agak lebih keras dari karton, kalau aku pakai kotak kue ;) 

Beberapa contoh alat dan bahan: kotak kue, tisu, gunting


Kertas kado
 
2.  Gunting kotak dengan pola kubus
Gunting kertas dengan ukuran yang disesuaikan dengan tisu ya :D



3.  Bentuk pinggiran kotak, seperti kotak makanan pada umumnya
Kotaknya dibentuk seperti kotak makanan atau kotak untuk snack, jadi sampingnya itu dipotong sedemikian rupa, supaya nanti bisa jadi kotak.



Kaya gini kotaknya :D

4.  Lakban samping-sampingnya supaya lebih merekat
Lakban untuk menguatkan bentuk kotaknya.







5.  Buat tutup tisu
Tutup tisu dibuat dari kertas dengan ukuran yang sama dengan ukuran sisi kubus, namun dilebihin 1 cm di setiap sisinya



6.  Bentuk pinggiran kotak, seperti kotak makanan pada umumnya
Sama seperti membentuk kotak, kita bikin kaitan-kaitan disamping, supaya bisa terbentuk tutup kotak tisu.





7.  Pasangkan kotak dengan tutupnya
Kita tes-tes dulu antara badan kotak sama tutup kotak tisunya, kalau sudah pas, kita lanjutkan ke tahap berikutnya :D



8.  Masukin tisu kedalamnya
Hal ini bagian dari testing tempat tisu, supaya lebih cucok gitu antara tempat tisu dan tisunya ;)



9.  Supaya terlihat lebih unyu, bentuk tutup tisu dengan bentuk sesuai selera
Kalau aku suka bentuk bintang, jadi tutup tisunya aku kasih pola bintang :)



10. Bolongin polanya
Polanya dibolongin bisa pakai cutter atau gunting.



11. Lakban sampingnya
Tutup tisunya juga dilakban, diharapkan supaya lebih kokoh.



12. Selimuti kotak dengan kertas kado
Supaya terlihat lebih cantik, kita selimutin kotak tisu dengan kertas kado, bisa pakai isolasi bening. Pilihlah, kertas kado yang sesuai selera ;)



13. Lapisi dengan plastik
Fungsi melapisi kotak tisu yang sudah dikertas kado-in dengan plastik adalah supaya kotak tisu kita lebih awet, gak meleleh kalau terkena air. Plastiknya direkatkan bisa pakai isolasi bening.



14. Tutup tisunya juga diselimuti pakai kertas kado dan plastik
Sama aja fungsinya, supaya lebih tahan lama gitu :P



15. Tes lagi!
Cucok-cucokin lagi, sampai sregh di hati :*



16. Masukin tisunya
Kalau sudah sregh, masukin tisunya…  



17. Ucapkan “Alhamdulillaaah ^_^”
Alhamdulillaaah kalau sudah selesai, semoga bermanfaat ^_^

11 komentar:

  1. Postingnya bagus dan Inspiratif. lanjutkan

    BalasHapus
  2. Berikutnya pakai kain lah :D

    BalasHapus
  3. heemm bagusnya ka ifah,.. ^_^

    BalasHapus
  4. Lulu, bisa ajaaaa.... jadi maluuuu.... ayo kita ulah bareng2 ;)

    BalasHapus
  5. bungkus pakai kertas bekas saja, beri brand. jual ke teman :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. O,iyaaa ide bagus! Mantap! thankyuuu mas sudah berkunjung ke blog ini ^_^

      Hapus
  6. kalau ini dipake buat ulangan prakteknya anak-anak, pasti seru deh... btw gmana tehnik penilaiannya nich...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin bisa dinilai dari kerapiannya atau keindahan tempat tisu yang dihasilkan ^_^

      Hapus